Tak Ingin Isi Kantong Tekor? Begini Cara Mengaturnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mike Rini Sutikno,konsultan perencana keuangan memberikan tips dalam perencanaan keuangan agar terwujudnya keluarga sehat dan bahagia. Wanita yang akrab disapa Mike ini mengingatkan agar kaum ibu tak usah takut berbelanja.

Belanja yang dimaksudnya adalah mengalokasikan pendapatan untuk hal-hal yang diperlukan. “cermatlah berbelanja. Mengelola keuangan sebenarnya adalah fokus pada apa yang dibelanjakan, bukan berapa bersar belanjaannya,” katanya, dalam talkshow di Jakarta.

Ia menyarankan agar menganggarkan dana untuk hal-hal yang penting terlebih dahulu. “Pertama, sisihkan untuk investasi atau tabungan, baru setelah itu untuk kebutuhan lain,” katanya.

Setelah mengalokasikan untuk investasi, maka kebutuhan lain yang wajib harus ditunaikan lebih dulu, seperti membayar cicilan, membayar premi asuransi, dan belanja kebutuhan dapur.

“Kalau masih ada sisa, silakan digunakan untuk belanja yang lain, bahkan dihabiskan juga tak apa  karena kita sudah menganggarkan untuk hal yang penting terlebih dulu,” ungkap penulis buku dan kolumnis di beberapa media massa ini.

Agar lebih teratur, ia mengingatkan dalam keluarga harus ada pembagian tanggung jawab dalam hal keuangan antara suami istri. “Suami bayar apa, istri bayar apa harus didiskusikan,” katanya.

Tentang endangtaryana94

Sang Pembelajar
Pos ini dipublikasikan di Home. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s